Jual Beli Produk Dell Di Indonesia


[ask] Garansi dan after sales service prosedur?

[ask] Garansi dan after sales service prosedur?
« on: October 07, 2010, 05:49:02 PM »
Dear all, mohon infonya donk.

Saya sudah search mengenai product support untuk warranty notebook baru tapi tidak ketemu pada forum ini. Jadi mohon kiranya bantuan anda sekalian.

Saya baru saja membeli notebook DELL. Dengan umur pemakaian baru seminggu, LCD menunjukkan bintik2 hitam (tp bkn death pixel tp lebih ke arah warna tertentu tidak keluar. Dan juga DVDRom bunyinya tidak enak jika sedang install apa dan kadang2 tidak bisa baca DVD (DVD kondisi masih belum ada scratch)). Jadi dengan serta merta saya mencari tempat saya bsa claim garansi.

Walhasil, saya menemukan website www.dellm2m.com. Dan pergilah saya ke Mangga Dua Mall ke DELL Stores. Sampai disana, saya memberikan informasi mengenai notebook saya. Tapi apa yang saya dengar adalah kekecewaan. Karena saya rujuk pergi ke Service center (menurut info dari mereka cmn ada di Fatmawati). Alamak, alangkah jauhnya saya harus service notebook. Padahal notebook itu belum puas saya perawankan. Akhirnya dengan kecewa, saya mencoba claim ke toko tempat saya membeli notebook tersebut.
Mereka bisa membantu untuk claim garansi saya, tetapi noted...maksimal waktu 3 hari. Saya maklumkan dan saya diberi tanda terima. Setelah saya pergi dari Mangga dua mall, saya baru teringat...apakah notebook saya diganti baru atau hanya di service karena usianya baru seminggu. Saya telp kembali toko tersebut, diberitakan bahwa hanya diservice....alangkah kecewanya saya lagi. Produk baru dan saya belum apa2kan, sudah rusak...dan hanya di service pula.

Nah, teman2 sekalian...apakah ada yang tau prosedur di DELL?
1. Apakah notebook yang notabene baru seminggu beli garansinya adalah service only instead of replacement with the new one?
2. Apakah DELL STORES di seluruh indonesia tidak bisa membantu pelanggan DELL (entah itu setia atau tidak, karena saya masih baru dalam DELL) untuk membantu claim garansi ke service center? Bukan saya yg harus visit kesana sendiri. Sehingga saya memutuskan ke toko tempat saya beli. Sedangkan saya sebenarnya sangat percaya jika notebook saya ditangani oleh yang profesionalnya secara langsung yaitu pihak DELL sendiri.

Karena pengalaman saya dengan merk lain (sudah 2x saya membeli notebook dengan merk tersebut). Saya sangat puas. karena saya datang ke dealer resmi merk tersebut di mana saja, mereka bisa membantu dengan fair mereka berkata bahwa membutuhkan waktu beberapa hari karena harus dikirim ke service center. Bkn saya sendiri yang harus datang ke service center...apalagi jika letaknya di ujung Indonesia.

Terima kasih atas sharingnya forumers...^^
« Last Edit: October 07, 2010, 06:03:24 PM by fsinyo »

Re: [ask] Garansi dan after sales service prosedur?
« Reply #1 on: October 07, 2010, 07:36:20 PM »
wah-wah..menarik banget,niy..

gw bahas maleman kali.ya..ms deadline ;D

ato ada yg bs nanggapin dulu?  ::)
Dell Mini 10v, Atom N280, 1GB DDR2, GMA 950, 320 GB HDD, QUAD-BOOT
OSX 10.6.2
Win7 Ultimate
Ubuntu 9.10
Google Chrome OS-Flow
*i am a hardcore DELL laptop user, fight for knowledge* ;D

Offline nanus

  • *****
  • 586
  • :)
Re: [ask] Garansi dan after sales service prosedur?
« Reply #2 on: October 07, 2010, 08:55:36 PM »
Kemarin aq ganti hard disk. Karena masih garansi jadi tidak ada biaya sama sekali. Langsung diganti hard disknya. Cuma waktu itu dikasih waktu 1 minggu kalau mau mengambil data yang ada di dalamnya dan harus meninggalkan kartu identitas sebagai jaminan. Karena lewat dari 1 minggu hard disk harus di kirim kembali ke Jakarta ke pusat. Mungkin akan ada penggantian komponen atau ganti 1 laptop baru dilihat dari tingkat kerusakannya. Mungkin reseller Dell hanya memiliki wewenang untuk menjual barang, tidak untuk membantu klaim garansi ke service center. Lapienya sudah di daftarkan ke situs Dell untuk garansinya kan? Menurutku lebih baik jika yg bersangkutan sendiri yang ke service center, sekalian curhat sama teknisi disana...Hehe...Dan pasti akan ditangani dengan baik dan profesional karena mereka memiliki lisensi untuk menjadi service center. Kalau yang namanya mass production pasti kecenderungan untuk produk eror pasti besar, tidak memandang merek. Tapi selama masih dalam masa garansi tenang saja. Karena setauku cakupan garansinya termasuk 1 laptop dan semua komponen yang ada di lapie itu. So don't worry be happy :)
Vostro 5470 Core i3 - 4010U/1.7 GHZ, RAM 4GB DDR3, HDD 500GB SATA, GEFORCE GT740M/2GB

Re: [ask] Garansi dan after sales service prosedur?
« Reply #3 on: October 08, 2010, 01:51:30 AM »
Saya baru saja membeli notebook DELL. Dengan umur pemakaian baru seminggu, LCD menunjukkan bintik2 hitam (tp bkn death pixel tp lebih ke arah warna tertentu tidak keluar. Dan juga DVDRom bunyinya tidak enak jika sedang install apa dan kadang2 tidak bisa baca DVD (DVD kondisi masih belum ada scratch)). Jadi dengan serta merta saya mencari tempat saya bsa claim garansi.

Walhasil, saya menemukan website www.dellm2m.com. Dan pergilah saya ke Mangga Dua Mall ke DELL Stores. Sampai disana, saya memberikan informasi mengenai notebook saya. Tapi apa yang saya dengar adalah kekecewaan. Karena saya rujuk pergi ke Service center (menurut info dari mereka cmn ada di Fatmawati). Alamak, alangkah jauhnya saya harus service notebook. Padahal notebook itu belum puas saya perawankan. Akhirnya dengan kecewa, saya mencoba claim ke toko tempat saya membeli notebook tersebut.
Mereka bisa membantu untuk claim garansi saya, tetapi noted...maksimal waktu 3 hari. Saya maklumkan dan saya diberi tanda terima. Setelah saya pergi dari Mangga dua mall, saya baru teringat...apakah notebook saya diganti baru atau hanya di service karena usianya baru seminggu. Saya telp kembali toko tersebut, diberitakan bahwa hanya diservice....alangkah kecewanya saya lagi. Produk baru dan saya belum apa2kan, sudah rusak...dan hanya di service pula.

Nah, teman2 sekalian...apakah ada yang tau prosedur di DELL?
1. Apakah notebook yang notabene baru seminggu beli garansinya adalah service only instead of replacement with the new one?
2. Apakah DELL STORES di seluruh indonesia tidak bisa membantu pelanggan DELL (entah itu setia atau tidak, karena saya masih baru dalam DELL) untuk membantu claim garansi ke service center? Bukan saya yg harus visit kesana sendiri. Sehingga saya memutuskan ke toko tempat saya beli. Sedangkan saya sebenarnya sangat percaya jika notebook saya ditangani oleh yang profesionalnya secara langsung yaitu pihak DELL sendiri.

Karena pengalaman saya dengan merk lain (sudah 2x saya membeli notebook dengan merk tersebut). Saya sangat puas. karena saya datang ke dealer resmi merk tersebut di mana saja, mereka bisa membantu dengan fair mereka berkata bahwa membutuhkan waktu beberapa hari karena harus dikirim ke service center. Bkn saya sendiri yang harus datang ke service center...apalagi jika letaknya di ujung Indonesia.

Terima kasih atas sharingnya forumers...^^

menurut gw yak :
1. hampir semua vendor/pabrikan lappie mendahulukan repair dan bukan replacement [apalagi merek2 kondang] krn logikanya adalah kerusakan umumnya pd lappie masi bisa diperbaiki per komponen, bukan keseluruhan unit yg error. spt yg bro nanus bilang, dlm mass production, ttp ada error yg bisa terjadi. tapi qc [quality control] yg ketat dr dell, mampu mengurangi kemungkinan rusak keseluruhan yg memerlukan penggantian unit [replacement].

2. dell stores setau gw posisinya adalah re-seller/retailer dan bukan distributor apalagi service centre resmi dell indonesia. mereka pun sebenarnya tdk punya kewajiban [bahkan secara moral] utk membantu klaim garansi customer yg membeli product di luar toko/outlet mereka, karena memang bukan 'wilayah' mereka. customer yg membutuhkan informasi soal klaim garansi ataupun service center dpt menghubungi
call-center dell indonesia di nomor 500-858. soal keharusan dtg ke service center sendiri, gw pikir adalah hal yg umum dewasa ini terjadi sbg 'paket' kewenangan kita sbg pemilik barang :) justru gw pribadi lbh prefer lsg ke SC drpd balik ke toko tempat gw beli, krn umumnya SC jauh lbh paham soal brg gw drpd toko penjual.
bukannya ngebelain dell stores yak ;D cuman supaya jelas msg2 posisi antara customer, toko penjual [retailer/reseller], distributor, dan service center.

demikian kira2,bro.
saran gw, telp 500-858 segera! :)

gvtlakk
Dell Mini 10v, Atom N280, 1GB DDR2, GMA 950, 320 GB HDD, QUAD-BOOT
OSX 10.6.2
Win7 Ultimate
Ubuntu 9.10
Google Chrome OS-Flow
*i am a hardcore DELL laptop user, fight for knowledge* ;D

Re: [ask] Garansi dan after sales service prosedur?
« Reply #4 on: October 08, 2010, 12:01:09 PM »
Sep...thx bro betmen234 n bro nanus atas infonya, soalnya masih belum tau prosedur dalam claim garansi terhadap notebook apalagi umurnya masih bayi...^^

* walaupun dalam hati agak kecewa laptop baru sudah  bermasalah...  :'(

have a great day everyone... ;)

Re: [ask] Garansi dan after sales service prosedur?
« Reply #5 on: October 20, 2010, 10:25:06 PM »
iya sm....just wanna share uda setaun finally ini sy pk dell studio dengan pasrah hahhaa, seminggu baru beli ada msalah sm mesin dvd terkadang suka ga bs baca cd yg kita putar n panas laptop yg berlebih...n sy hrs bw ke repair yg di jalan searah pasar baru (lupa nama jlnnya) n terpaksa bolos kerja :p n sy hrs sering2 follow up merka by phone seminggu blm ada kbr krn alsan msh dlm perbaikan....seminggu lbh akhirnya laptop sy balik alhamdullilah bs diantar ke kantor...namun saat sy tny kerusakannya ada dibagian mn, merk bilang laptop sy baik2 sj... mereka sudah cb berbagai macam cd dan tidak ada masalah, lalu sy tnya "cuma coba cd aja mas, ga diliat dlm2nya" n mas2nya bilang "iya" n sy sedikit emosi krn seminggu lbh laptop sy ada di tmpt service n setiap sy tlp mereka selalu bilang sedang proses service .... lalu sy tdk mw nerima laptop sy krn sy yakin laptop sy bermasalah, sy minta laptop sy diservice..

akhirnya tambahan seminggu lg laptop yg nginep di dell service, dan again sy hrs bolos kerja lg untuk ngambil laptop, saat sy sampai ke sana sy tnya laptop sy, kalo dr aura yg sy terawang  ::) mereka bnr2 blm "menyentuh laptop sy" wow emosi memuncak...sy minta balik laptop sy dengan kondisi awal n ga peduli kl emang mesin dvd memang rusak...but i hv to wait about 3 hours to get my laptop back on my hand ><' n yg bnr2 sy kesel, mereka dengan seenaknya menghilangkan kartu garansi ><' wlw akhirnya merka ganti kartu garansi sy, tp sy sngt kecewa dengan kinerja after sale service dell

tp kalo menurut sy ya... mesin dvd dell emang agak sensi bwt dvd bajakan... :p jd hrs pk cd/dvd original :(





Re: [ask] Garansi dan after sales service prosedur?
« Reply #6 on: October 21, 2010, 07:07:46 PM »
hmmmm....lumayan ribet juga yah...
turut berduka,bro..elu jd punya pengalaman buruk
dgn after-sales-servide dell  :-X

btw, bs di-share g,
nama service centre-nya?

jd klo tim dell indonesia ada yg baca ini,
mrk jg tau, 'bagian' mana yg hrs sgr dibenahi ;D

soal kartu garansi-->kita uda perna bahas ini bbrp kali,
bahwa service centre resmi dell tdk memerlukan
'kertas garansi fisik' lagi, krn data produk dell [lappie]
bs di-tracking online melalui nomor service tag yg ada di
bag. bawah laptop.

soal cd/dvd bajakan,
setau gw selama scr fisik g ada kerusakan pd keping tsb
[baret/gores dalam] mestinya sih g ngaruh ke drive-nya.

gvtlakk & welkomm
Dell Mini 10v, Atom N280, 1GB DDR2, GMA 950, 320 GB HDD, QUAD-BOOT
OSX 10.6.2
Win7 Ultimate
Ubuntu 9.10
Google Chrome OS-Flow
*i am a hardcore DELL laptop user, fight for knowledge* ;D

Offline denny

  • ***
  • 189
Re: [ask] Garansi dan after sales service prosedur?
« Reply #7 on: October 23, 2010, 02:31:51 PM »
SETAU SAYA ya bro..

1. klo deLL anda klaim garansi krn rusak partnya atau ada cacat, maka akan part tsb akan diREPLACE.. DeLL tidak mngenal 'perbaikan'. itu info yang saya dpt dari 500-858. makanya knp tidak anda hubungi 500858 aja...???????????????

2. mngenai deLL store, saya SANGAT kecewa dan tidak pernah percaya dgn kualitas pelayanan dell store, krn emang mreka tidak bisa utk mberi playanan purnajual yg baik.. mungkin krn DELL bukan merk yg pupuler dan familier dibandingkan vendor2 lainnya.
shg distro lebih cenderung menjual untuk profit dibandingkan mngembangkn pelayanan.
inspiron 1420
Intel Core 2 Duo T8100(2.1Ghz,2MB L2 Cache,800MHz)
nvidia geforce 8400 GS
250gb
RAM 3gb DDR2 PC5300
windows vista home premium 32bit